Rabu, 21 September 2011

Surya Majapahit

Surya Majapahit adalah lambang Kerajaan Majapahit yang ditemukan di reruntuhan bangunan. Lambang ini berbentuk matahari yang bersudut delapan dengan bagian lingkaran di tengah menampilkan dewa-dewa Hindu. Lambang ini sangat populer pada masa Majapahit sehingga para ahli arkeologi akhirnya menduga bahwa Surya Majapahit adalah lambang Kerajaan Majapahit.

Surya Majapahit terdiri dari gambar 9 dewa dan 8 berkas cahaya matahari. Lingkaran di tengah menunjukkan 9 dewa Hindu yang disebut Dewata Nawa Sanga. 9 dewa tersebut adalah Dewa Siwa, Iswara, Mahadewa, Wishnu, Brahma, Sambhu, Sangkara, Mahesora, dan Rudra. Dewa - dewa pendamping yang berada di 8 jurai matahari yaitu, Indra, Baruna, Kuwera, Yama, Isana, Bayu, Agni, dan Nrtti.

Dewa - dewa ini diatur dalam bentuk seperti mandala. Ukiran Surya Majapahit dapat ditemukan di tengah langit - langit Garbhagriha atau ruangan tersuci di beberapa candi peninggalan Majapahit seperti Candi Bangkal, Saweran, dan Candi Jawi. Ukiran ini juga ditemukan di batu nisan peninggalan Majapahit seperti di Trowulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar