Sabtu, 17 September 2011

Museum Trowulan

Museum Trowulan adalah museum arkeologi yang terletak di Trowulan, Mojokerto. Museum ini dibangun untuk menyimpan berbagai artefak dan temuan arkeologi yang ditemukan di sekitar Trowulan. Tempat ini adalah salah satu lokasi bersejarah terpenting di Indonesia yang berkaitan dengan sejarah kerajaan Majapahit.Museum baru secara resmi dibuka pada tahun 1987. Pembangunan museum baru telah diajukan di kawasan ini  dan lokasi ini telah diusulkan untuk menjadi kawasan Warisan Dunia UNESCO.






Kebanyakan dari koleksi museum ini berasal dari masa kerajaan Majapahit, akan tetapi koleksinya juga mencakup berbagai era sejarah di Jawa Timur, seperti masa kerajaan Kahuripan, Kediri, dan Singhasari Museum ini terletak di tepi barat kolam Segaran. Museum Trowulan adalah museum yang memiliki koleksi relik yang berasal dari masa Majapahit terlengkap di Indonesia. Koleksi ini berupa arca, prasasti, seni pahatan, senjata, dan benda – benda yang ada pada zaman kerajaan.

Museum ini dibangun untuk mencegah penjarahan dan pencurian peninggalan sejarah yang ada di Trowulan. Akan menjadi suatu masalah apabila barang tersebut jatuh ke tangan orang yang salah. Mereka bisa saja  mengambilnya lalu menjualnya. Barang – barang tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi sehingga apabila dijual harganya akan sangat mahal, bisa mencapai puluhan juta dan bahkan ratusan juta.

Di museum ini juga tidak diizinkan untuk memotret peninggalan sejarah yang ada didalamnnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan. Orang – orang yang jahat akan memotret peninggalan sejarah itu dan akhirnya membuat replikanya. Dia bisa saja mengambil peninggalan sejarah yang asli dan kemudian menukarnya dengan yang palsu. Yang asli akan dijual dan akhirnya menjadi keuntungan tersendiri baginya. Jika kita ingin memotret, kita harus izin dengan penjaga museum terlebih dahulu dan memberi tahu tujuan kita memotretnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar