Jumat, 16 September 2011

Candi Bajangratu


          Candi Bajangratu adalah salah satu candi yang di bangun pada abad ke-14.Candi ini aalah salah satu candi yang ada di kerajaan Majapahit.Candi ini berada di kecamatan Trowulan,Kabupaten Mojokerto.Candi ini digunakan untuk pintu masuk kerajaan Majapahit pada masa lampau dan juga digunakan untuk memperingati hari wafatnya Raja Jayanegara.Konon,jika ada orang yang naik di tangga candi tersebut,maka cita-citanya tidak akan tercapai.
         
   
  Candi Bajangratu mempunyai arti yaitu bajang yang berarti putra dan ratu yang berarti ratu kerajaan,jadi artinya jika digabungkan adalah putra ratu dari kerajaan.Candi ini memiliki 3 bagian yaitu kaki, sayap, dan atap.Candi ini di bangun dengan menggunakan batu bata merah, kevuali untuk tangganya yang di bangun menggunakan batu andesit.Pada bagian kaki candi ini terdapat relief yang menggambarkan tentang Sri Tanjung.Struktur kaki candi ini terbagi atas 3 bagian yaitu bingkai bawah,badan kaki,dan bingkai atas.Di bagian tubuh candi ini terdapat relief kala dan juga di bagian atap candi terdapat relief kala diapit singa,matahari,naga berkaki,kepala garuda dan relief bermata satu.

          Candi ini memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan. Saran saya adalah di sana bisa diberi kolam pancing agar pengunjung bisa memancing dengan pemandangan Candi Bajangratu. Bisa juga diberi stan atau restoran makanan. Dengan begitu, pengunjung akan lebih tertarik lagi untuk menapakkan kakinya di tempat itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar