Jumat, 16 September 2011

Kolam Segaran

Kolam Segaran terletak di daerah trowulan. Kolam Segaran ditemukan pada tahun 1926 dalam keadaan yang teruruk tanah. Seiring berjalannya waktu, kolam ini akhirnya di perbaiki dan menjadi seperti sekarang ini. Kolam Segaran merupakan kolam terluas di Indonesia. Kolam ini dahulu digunakan oleh Kerajaan Majapahit untuk menjamu tamu penting dari luar negeri. Tamu tersebut diajak ke tengah kolam untuk makan bersama. Setelah selesai makan, peralatan makannya seperti piring, garpu, sendok, dan lain – lain, langsung dibuang ke dalam kolam tersebut. Tamu dari luar negeri akan mengira bahwa kerajaan itu kaya raya, padahal di kolam tersebut telah di pasang jaring di dalamnya sehingga ketika peralatan makan itu dibuang, akan ditampung oleh jaring itu. Setelah tamu luar negeri pulang, jaring itu langsung di angkat.


Diduga Kolam Segaran dahulunya juga berfungsi sebagai waduk dan penampung air. Orang - orang memperkirakan bahwa kolam ini adalah yang disebut sebagai telaga dalam Kitab Negarakertagama.Di pintu masuk yang terletak di sebelah barat, terdapat emperan yang menjorok ke tengah kolam. Di sisi dalam emperan terdapat undakan untuk turun ke kolam. Seluruh dinding dan emperan terbuat dari susunan batu bata tanpa bahan perekat. Konon untuk merekatkannya, batu bata yang berdampingan digosokkan satu sama lain.


Kolam Segaran memiliki pemandangan yang indah, akan tetapi potensi wisata di sana harus dikembangkan lagi. Sebaiknya di sekitar kolam segaran diberi tempat penginapan. Lalu kolam segaran di bersihkan dari sampah – sampah. Agar lebih menarik lagi, kolam segaran bisa diberi ikan di dalamnya. Untuk memancing, bisa disediakan canoe yang disewakan untuk menyusuri kolam tersebut dan memancing disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar